Pilihan Model Ruko Minimalis dan Kekinian

Ruko atau rumah toko merupakan hunian yang bisa berfungsi sebagai tempat tinggal dan berbisnis sekaligus. Saat ini, membangun ruko tidak harus mempunyai lahan luas, karena banyak sekali model ruko minimalis yang bisa Anda tiru. Berikut ini beberapa ide model rukonya.

Model Minimalis Terkini

Jika Anda menginginkan ruko minimalis dan kekinian maka bisa meniru model terkini ini. Model ini menerapkan penggunaan kayu untuk menghasilkan tampilan yang natural. Konsep ini selain menggunakan kayu juga memakai besi sebagai mempertegas bangunan ruko Anda.

shutterstock.com

Model Ruko Bergarasi

Membangun ruko dengan bergarasi juga bisa dilakukan di tanah yang tidak cukup luas. Banyak sekali model ruko minimalis namun tetap memiliki garasi, konsep ini penerapanya bisa di bangunan berlantai 2 maupun 3.

shutterstock.com

Pembagian fungsinya yaitu bagian lantai 1 dijadikan garasi, lalu di bagian lantai 2 dijadikan sebagai tempat berjualan. Di bagian lantai 2 Anda bisa meniru penggunaan kaca dengan dipadukan dengan kayu sehingga tampilannya lebih elegan dan unik.

Model Ruko Dominasi Kaca

Berikutnya, model yang bisa Anda tiru yaitu bangunan dengan dominasi kaca. Ruko dengan tampilan kaca ini bisa Anda gunakan untuk berbisnis produk-produk yang bisa langsung terlihat dari luar. Meskipun minimalis, ruko ini akan terlihat lebih luas dan elegan karena penggunaan kaca tersebut.

shutterstock.com

Model Elegan

Mempunyai ruko minimalis namun elegan juga bisa Anda wujudkan dengan meniru ide satu ini. Ruko bergaya elegan ini memiliki ciri bangunan yang simpel dengan pemilihan warna cat yang netral. Anda bisa menggunakan warna putih, abu muda dan warna lainnya.

shutterstock.com

Model ruko ini biasanya diterapkan di bangunan berlantai dua. Namun, jika diterapkan di satu lantai saja juga bisa Anda lakukan, mengingat membangun dua lantai sekaligus juga membutuhkan modal yang banyak.

 

Baca Juga : Desain Plafon Minimalis untuk Ruang Tengah 

 

Model Sederhana

Tidak mempunyai budget yang cukup banyak namun ingin model ruko minimalis? Anda bisa meniru model ruko sederhana ini untuk mewujudkan keinginan. Ruko sederhana minimalis ini mempunyai model yang sederhana namun tetap enak dipandang.

shutterstock.com

Konsep model ini adalah menggunakan kaca dibagian pintunya dan untuk atapnya bisa memakai kanopi ataupun bahan lain. Tampilan ruko minimalis sederhana ini juga bisa menarik minat pembeli karena beranggapan produk yang dijual tidak dibandrol dengan harga tinggi.

Model Ruko Minimalis Tertutup

Berikutnya, ide model ruko yang bisa Anda tiru yaitu minimalis tertutup. Model ini memanfaatkan kaca sebagai batas agar produk didalamnya tidak mudah terkena debu. Meskipun dibuat tertutup kaca namun produk tetap bisa dilihat dari luar secara langsung.

shutterstock.com

Model ini penggunan kacanya tidak secara full di seluruh bagian. Biasanya penerapan kaca hanya di bagian pintu dan bagian tampak depan saja. Bagian ruko tertutup ini biasanya perlu memasang AC agar pengunjung lebih nyaman ketika berkunjung.

Model Ruko Minimalis Berkanopi

Penggunaan kanopi juga bisa diterapkan di bangunan ruko minimalis. Kanopi ini bisa Anda pasang di lantai bagian atas maupun bagian bawah ruko sebagai tempat untuk parkir. Banyak sekali model kanopi yang bisa Anda pilih dan cocok untuk ruko minimalis.

shutterstock.com

Beberapa model kanopi yang bisa Anda pilih seperti kanopi kaca, Alderon, Onduline dan juga Fiber. Menggunakan ruko model ini juga bisa lebih hemat anggaran, karena kanopi ini harganya lebih murah.

Model Ruko Dua Lantai

Model ruko minimalis dan kekinian satu ini bisa Anda temukan di kota-kota besar. Model ruko dua lantai cocok bagi Anda yang tidak mempunyai lahan luas namun ingin memperoleh penampakan tampilan luas. Membuat ruko dua lantai menjadikan pembagian antara tempat tinggal dan toko menjadi lebih jelas.

Anda bisa memilih bagian atas menjadi rumah dan bawahnya sebagai toko. Sedangkan untuk akses pintu bisa membuatnya dari samping agar tidak mengganggu operasional toko. Namun, untuk membuat ruko dua lantai ini Anda juga perlu menyiapkan budget yang cukup tinggi.

shutterstock.com

Itulah beberapa model ruko yang bisa Anda adaptasi untuk membangun ruko impian. Hal terpenting selain model yang diinginkan, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget dan ukuran lahan yang dimiliki. Selain itu model ruko yang dipilih juga harus mempertimbangkan produk atau bisnis Anda.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru