Jenis Dinding Batu Alam Cocok Untuk Rumah Idaman

Nilai keindahan rumah ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah dari bahan dindingnya. Dinding batu alam sekarang ini banyak diminati, karena bisa membuat tampilan rumah lebih mewah dan elegan. Dinding dari batu alam ada beberapa jenis, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Batu Alam Marmer

Batu alam marmer memberi kesan mewah dan elegan apabila digunakan sebagai dinding rumah. Marmer memiliki berbagai jenis warna, seperti warna hitam, abu, dan putih, serta ada juga yang membentuk pola warna sendiri, namun tetap mewah dan elegan.

dinding batu alam marmer

shutterstock.com

Marmer merupakan batuan alam yang sangat rentan terhadap pengaruh cuaca. Oleh karena itu, penggunaan jenis batu alam ini untuk dinding rumah, sebaiknya digunakan sebagai dinding interior, sehingga warna dan kualitasnya bisa bertahan lebih lama.

Batu Alam Andesit

Berbeda dengan batu marmer yang mudah sekali dipengaruhi oleh cuaca, batu alam andesit sebaliknya. Jenis batu alam ini memiliki tekstur yang keras, serta sifatnya tahan terhadap jamur dan berbagai perubahan cuaca.

shutterstock.com

Karena sifatnya tersebut, maka batu alam ini sangat cocok untuk digunakan pada dinding luar rumah. Batu alam ini juga bisa diaplikasikan sebagai material lantai. Andesit juga memiliki corak dan motif yang menarik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Batu Alam Granit

Pilihan selanjutnya dinding batu alam untuk rumah idaman adalah batu alam granit. Jenis Batu alam ini memiliki harga yang cukup tinggi, tetapi sebanding dengan kualitasnya. Dinding rumah dengan material batu granit, akan terlihat mewah, elegan, dan tentu saja juga indah.

shutterstock.com

Batu alam yang satu ini memiliki tekstur halus, berpori-pori kecil, dan mudah dibersihkan.  Batu granit juga kuat dan tahan terhadap perubahan panas matahari dan perubahan cuaca. Oleh karena itu, batu alam ini bisa dijadikan material dinding dalam dan luar rumah.

 

Baca Juga : Ini Beberapa Rumah Termewah di Indonesia

 

Paras Jogja

Penggunaan jenis batu alam ini lebih sering pada bagian interior atau hiasan pada beberapa bagian dinding rumah. Sifatnya yang tidak terlalu keras, membuat jenis Batu alam ini rentan pada kotor serta mudah ditumbuhi oleh lumut.

batualam-lampung.com

Oleh karena itu, jenis batu alam ini biasanya digunakan untuk bagian  interior rumah agar tidak mudah terkena sinar matahari dan perubahan cuaca. Dengan penataan yang tepat, Batu alam ini akan membuat dinding tm rumah terlihat indah, alami, dan elegan.

Batu Alam Susun Sirih

Batu alam Susun Sirih banyak dipilih untuk dinding rumah agar terkesan alami dan unik, karena Batu alam ini memiliki tekstur serta warna alami. Batuan ini juga bisa dikombinasikan dengan jenis batu alam lainnya untuk memberi kesan unik pada dinding rumah.

ambpi.com

Untuk membuat dinding rumah terlihat unik, penggunaan batu alam ini tidak harus dengan menggunakan batu berukuran sama. Batu dengan berbagai jenis ukuran bisa ditata sedemikian rupa, sehingga dinding rumah terlihat indah dan unik. Hindari penggunaan batu berukuran besar.

Batu Candi

Seperti namanya, batu candi merupakan jenis batu alam yang biasa dibuat untuk pembuatan candi pada zaman dahulu. Batu ini memiliki tekstur yang keras, padat, kuat, serta hampir seluruhnya berwarna gelap kehitaman.

shutterstock.com

Dengan sifat dan teksturnya tersebut, batu candi cocok untuk digunakan pada dinding rumah bagian luar, karena juga tahan terhadap berbagai perubahan cuaca. Selain untuk dinding rumah, batu alam ini juga cocok untuk material pembuatan kolam hias.

Batu Palimanan

Jika ingin memiliki rumah dengan dinding batu alam yang berwarna terang, batu alam Palimanan bisa menjadi pilihan. Batu alam yang satu ini merupakan Batu alam yang berasal dari kota Cirebon, dan banyak diproduksi sebagai material rumah baik interior maupun eksterior.

shutterstock.com

Batu Palimanan memiliki warna yang cukup terang. Coraknya juga beragam, sehingga sekaligus bisa dijadikan hiasan untuk dinding rumah. Batu Palimanan memiliki pori-ppri besar, sehingga memerlukan pelapis khusus, agar dinding rumah terbebas dari tumbuhnya lumut pada dinding.

Rumah dengan dinding rumah dari batu alam memang akan terlihat berbeda. Kesan unik, menarik, dan tentunya juga mewah dan  elegan,  bisa dimunculkan. Tentu saja, ini harus disertai dengan pemilihan dan penataan yang tepat, dan perawatan yang teratur.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru