Desain Rumah Simple Yang Tidak Memakan Banyak Biaya Pembangunan

Membuat rumah terlihat indah dan menarik, tidak harus dengan menggunakan biaya besar. Dengan desain dan penataan yang tepat, rumah simple juga bisa terlihat indah dan elegan. Berikut ini beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi rumah sederhana.

Desain Rumah Type 21

Memiliki lahan sempit, bukan berarti tidak bisa membangun rumah. Rumah tipe 21 bisa didesain menjadi terkesan lapang, dan tentunya tetap terlihat menarik. Kuncinya adalah dengan penataan ruangan dengan meminimalisir adanya sekat dalam ruangan serta pemilihan warna cat.

Rumah tipe 21 bisa diisi dengan 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang tamu yang langsung terhubung dengan bagian dapur. Untuk memisahkan ruang tamu dan dapur, bisa dengan memilih sekat berupa tirai unik atau bisa juga dengan meletakkan coffee table.

rumah simple tipe 21

rumah123.com

Tips untuk mendesain rumah dengan luas bangunan yang terbatas adalah pada penataan perabot dan pemilihan warna cat. Gunakan perabot seperti rak, coffee table sebagai sekat ruangan, serta pilih warna cat terang seperti warna putih agar ruangan terlihat lapang.

Desain Rumah Type 36

Sedikit lebih luas, rumah Type 36 ini bisa didesain dengan membuat 2 kamar tidur, ruang tamu yang sedikit luas, serta 1 kamar mandi dan dapur. Untuk bagian dapur, tetap dibuat tanpa sekat yang menyatu dengan ruang tamu, agar ruangan dalam rumah bisa tetap terlihat luas dan lega.

Tips yang digunakan untuk rumah simple ini juga masih sama, yaitu menggunakan furnitur seperti sofa minimalis, rak display, coffee table sebagai sekat untuk memisahkan ruangan. Selain itu, warna cat yang terang seperti warna putih, akan membuat ruangan menjadi terkesan luas.

redaksi.waspada.co.id

Untuk rumah Type 36 ini, bisa juga ditambahkan taman kecil di bagian belakang. Tidak perlu lebar, cukup dengan ukuran 1 x 0,5 meter. Dengan meletakkan beberapa pot kecil pada tembok, atau tanaman merambat pada dinding, akan memberikan kesan sejuk di dalam ruangan.

 

Baca Juga : Cara Merawat Kaktus Sukulen Yang Tepat

 

Desain Rumah Type 54

Pemilik rumah type 54 ini bisa mendesain rumah dengan lega, karena luas lahan yang lebih lega. Untuk type rumah ini, bisa didesain berlantai 2 sehingga bisa memiliki lebih banyak ruangan. Misalnya dengan membuat 2 kamar tidur di lantai bawah, dan 1 kamar tidur di lantai atas.

Selain itu, di lantai atas juga bisa dibuat satu ruang ekstra, yang bisa digunakan untuk ruang keperluan lainnya. Untuk kamar mandi juga bisa ditambahkan di lantai atas yang menyatu dengan kamar tidur serta 1 kamar mandi luar di lantai bawah.

lamudi.co.id

Ruang tamu didesain berada pada bagian depan setelah pintu utama. Ruang tamu ini tidak perlu luas. Dengan menggunakan sofa minimalis, akan membuat ruang terasa lega dan nyaman bagi tamu yang datang berkunjung.

Kamar utama bisa diletakkan di lantai bawah, berhadapan dengan ruang keluarga. Sofa kecil bisa diletakkan sebagai tempat berkumpul keluarga sambil menikmati acara televisi. Sedangkan dapur bisa dibuat dengan konsep dapur terbuka menghadap ke arah taman dibagian belakang.

Desain Rumah Type 60

Rumah dengan type 60 ini masih terbilang sederhana dengan biaya yang masih terjangkau. Untuk type ini, rumah bisa didesain dengan lebih leluasa, karena lahan juga lebih luas. Selain bangunan rumah, biasanya di bagian luar masih ada ruang untuk taman atau garasi.

Rumah dengan luas 60 meter persegi ini bisa didesain menjadi rumah simpel dengan membuat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, dan dapur. Apabila bangunan dibuat satu lantai, maka desain 3 kamar tidur bisa dibuat, tetapi dengan ukuran kamar agak diperkecil.

dekoruma.com

Untuk bangunan 2 lantai, bisa dibuat ruang yang lebih luas, baik untuk kamar tidur maupun ruangan lainnya. Sisa lahan di bagian belakang bisa dimanfaatkan untuk tempat cuci setrika yang menyatu dengan dapur terbuka dan juga taman.

Rumah tidak harus luas dan mewah. Rumah simple dan sederhana dengan luas terbatas juga bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman asalkan didesain sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, slogan rumahku adalah surgaku benar-benar bisa menjadi kenyataan.

Tags:

Artikel Terkait