Desain Rumah Shabby Chic: Ciri-ciri dan Ide Penerapannya

Tahukah Anda tentang desain rumah shabby chic yang sedang trend? Desain ini cocok bagi yang memiliki hunian luas maupun minimalis. Desain ini cocok untuk bagian interior maupun eksterior rumah Anda. Seperti apa itu desainnya? Ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Ciri Khas Desain Shabby

Sebelum membahas ide apa saja yang bisa Anda contek untuk desain rumah, bagi Anda yang belum mengenal lebih detail desain shabby ini perlu mengetahui ciri khas dari desain rumah ini. Lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini.

  • Pemilihan Warna

Konsep hunian yang mengarah ke vintage ini sering kali memakai warna-warna yang dreamy dan soft. Sejak desain ini berkembang mulai dari tahun 1980 warna yang sering dipilih baik untuk bagian interior maupun eksterior adalah warna putih dan cream.

desain rumah shabby chic

pinterest.com

Namun seiring berjalannya waktu dan hadirnya banyak pilihan warna yang tetap bisa menghasilkan tema Chic bisa mengganti dengan warna pastel. Intinya dalam pemilihan warna yang terpenting tetap calm dan kasual saat dipandang.

  • Pemilihan Furniture

Ciri khas berikutnya dari desain ini terletak pada pemilihan furniture yang digunakan. Kebanyakan orang yang menyukai desain ini suka dengan kesan feminim. Furniture yang digunakan untuk melengkapi desain ini adalah memiliki corak kuno yang unik dan antik.

thehouseofsequins.com

Memang sulit jika mencari barang kuno yang sungguhan. Oleh karena itu, ini biasanya diakali dengan mencari tiruannya, namun diperlukan proses pemolesan agar terlihat jadul.

Ide Penerapan Desain Shabby Chic

Memiliki ciri khas di pemilihan warna dan furniture yang dipakai, desain ini bisa diterapkan di sebagian rumah maupun secara keseluruhan. Tenang saja, bagi Anda yang bingung menerapkan ide desainnya, langsung saja menyimak informasi berikut hingga akhir.

  • Teras Rumah

Bagi Anda yang kebingungan penerapan desain ini di bagian mana, memilih penerapan desain ini di teras rumah bisa menjadi alternatif. Teras adalah bagian langsung yang dapat terlihat oleh orang saat melintas.

pinterest.com

Penerapan desain ini di bagian teras bisa Anda mulai dari pemilihan furniture dengan bahan kayu-kayu. Jenis teras yang cocok agar menonjolkan gaya shabby yaitu dengan ukuran luas dan bangunannya tidak tertutup semuanya. Anda juga bisa menambahkan artificial bunga matahari sebagai kesan vintage nya.

 

Baca Juga : Particle Board: Karakteristik Dan Reviewnya

 

  • Plavon dan Lantai

Penerapan desain shabby ini juga bisa Anda aplikasikan di bagian plafon dan lantai rumah. Semua ini juga tergantung dengan anggaran yang Anda siapkan. Jika penerapannya di bagian plafon, Anda bisa memilih material kayu bertekstur kasar dengan warna putih supaya tampak lebih luas.

pinterest.com

Sedangkan untuk lantai yang menunjang desain shabby ini bisa dengan memilih warna putih atau ivory. Jika tidak ingin warna yang cerah memilih lantai berwarna bata bisa Anda pertimbangkan.

  • Dinding Rumah

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa selain dari furniturenya pemilihan warna kalem ataupun pastel juga menjadi khas dari desain shabby ini. Mengecat warna dinding dengan warna beige ataupun putih bisa membuat ruangan tampak feminim dan vintage.

pinterest.com

Pilihan warna lain yang bisa Anda gunakan untuk menambah kesan chic yaitu seperti taupe treasure, dream linen, London light apabila menyukai warna dengan nuansa cream lainnya. Jika Anda suka dengan warna sedikit cerah kehijauan bisa memilih warna truly teal ataupun caribbean sea.

  • Ruang Tamu

Bagi Anda yang ingin menerapkan ide desain shabby chic di bagian ruang tamu, maka pemilihan furniture harus menjadi prioritas utama. Pastikan Anda memilih sofa yang identik dengan tema tersebut, biasanya sofa dari kayu lengkap dengan meja nya berwarna putih.

pinterest.com

Karena memang desain ini identik dengan furniture klasik dan warna putih mendominasi, Anda bisa memilih background dinding bernuansa flower agar tampak feminim. Hal yang perlu diperhatikan bila memakai background motif yaitu tetap memilih tone warna soft agar tidak hilang kesan chic nya.

  • Kamar Tidur

Karena desain ini cenderung ke arah yang feminim seperti kesukaan perempuan pada umumnya, menerapkan tema ini di kamar bisa Anda coba. Tentu ini tidak akan membuat Anda mengeluarkan banyak budget. Anda bisa menerapkannya pada pemilihan warna bedcover dan gorden jendela.

pinterest.com

Anda bisa memilih bed cover bermotif bunga soft pink yang nude dan klasik dipandang. Jangan lupa pilih warna ranjang dan furniture di kamar tersebut dengan warna putih sesuai ciri desain shabby.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru