Ide Desain Plafon Kamar Tidur Minimalis Sederhana

Di kamar tidur, tak hanya kasur ataupun selimut, desain benda mulai dari lantai hingga langit-langit kamar, harus Anda perhatikan. Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan plafon kamar tidur minimalis sederhana. Secara umum, kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang sangat perlu diperhatikan tata ruangnya.

Hal ini karena kamar tidur merupakan tempat  Anda untuk melepas penat. Untuk itulah, segala sesuatunya yang berada di dalam kamar tidur, harus didesain sebaik mungkin. Sedangkan untuk rekomendasinya adalah sebagai berikut.

Basic Ceiling

Berbicara perihal konsep yang minimalis dan sederhana, maka segala sesuatu yang basic dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menggunakan material seperti gypsum maupun multipleks untuk merealisasikan desain ini.

plafon kamar tidur sederhana

pinterest.com

Langit-langit kamar yang polos dan rata ini akan menghadirkan nuansa yang lapang pada kamar Anda. Tak hanya itu, basic ceiling ini juga akan membuat nuansa kontemporer begitu terasa di kamar Anda.

Jika Anda memiliki kamar yang sempit, maka tak perlu risau. Model plafon ini mampu menciptakan suasana yang elegan dan mewah pada ruangan yang seluas 3×3 meter saja.

Plafon PVC

Material PVC dapat menjadi pilihan bagus jika Anda menginginkan plafon kamar yang tidak polos-polos saja. Hal ini karena PVC hadir dengan berbagai motif dan juga tampilan yang sangat beragam. Material ini juga memiliki keunggulan yaitu ringan dan awet.

pinterest.com

PVC dengan tampilan yang glossy, dengan motif atau ukiran tertentu akan tampak sangat cantik jika terkena bias lampu kamar. Anda juga dapat memilih PVC dengan bias glossy warna-warni untuk tampilan kamar minimalis yang lebih ceria.

Plafon Kayu

Plafon kamar tidur minimalis sederhana juga dapat Anda realisasikan melalui plafon kayu. Penggunaan material kayu pada plafon dapat menghadirkan nuansa kamar yang jauh lebih hangat. Plafon kayu ini sangat cocok untuk dipadukan dengan pijar lampu berwarna kuning.

pexels.com

Material kayu tak hanya dapat diterapkan pada keseluruhan permukaan langit–langit. Namun, Anda juga dapat menempatkannya hanya pada sekeliling sisi pinggir plafon saja.

Penempatan material kayu seperti ini, akan menghasilkan kesan yang sangat kontras pada langit-langit. Penggunaan material kayu pada plafon Anda juga akan menghadirkan kesan yang mewah, berkelas, dan sangat memukau.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Kaktus Besar Yang Cocok Dipelihara Di Taman

 

Up Ceiling

Desain plafon ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan kesan tinggi pada kamar. Plafon dapat Anda buat mencekung ke atas sekitar 5 sampai 10 sentimeter, sehingga bagian tengah plafon tampak lebih tinggi dibandingkan bagian sisi terluarnya.

pexels.com

Model up ceiling ini sangat cocok bila Anda tambahkan lampu gantung di tengahnya. Anda dapat memilih model lampu gantung yang senada dengan konsep minimalis. Hadirnya lampu gantung pada langit-langit kamar Anda, dapat menjadi pusat estetika yang kian mempercantik kamar Anda.

Drop Ceiling

Kebalikan dari konsep plafon up ceiling, konsep drop ceiling ini, plafon dibuat bertingkat atau bertumpuk ke bawah. Penggunaan plafon model ini membuat tampilan langit-langit kamar Anda menjadi kian dinamis.

pinterest.com

Untuk mempercantik langit-langit kamar, Anda dapat menambahkan LED strip di sekeliling plafon yang bertumpuk. Penambahan LED strip ini akan menghadirkan ambiens yang indah dari pijar cahaya yang dihasilkan.

Headboard Ceiling

Umumnya, plafon hanya ditempatkan pada bagian atas kamar saja, namun sebenarnya anda juga dapat melakukan modifikasi dengan membuat plafon yang terhubung dengan headboard. Model plafon seperti ini akan menghasilkan kesan yang berbeda dengan plafon pada umumnya.

pinterest.com

Untuk mempercantik tampilannya, Anda dapat menambahkan lampu pada area langit-langi kamarnya, ataupun pada tepian headboard-nya sebagai pengganti lampu meja.

Plafon Mengambang

Bila ide desain sebelumnya plafon tampak begitu menyatu dengan langit-langit, maka desain plafon ini memberikan ilusi plafon seolah-olah melayang.

Untuk dapat merealisasikan desain plafon ini, Anda dapat menggunakan material gypsum. Rangka plafon tersebut dibuat dengan rancangan khusus untuk menghasilkan ilusi melayang.

pexels.com

Nantinya material gypsum tersebut akan dikaitkan pada rangka khusus yang telah dibuat untuk memasangnya. Dengan desain plafon tersebut, tampilan interior kamar Anda jadi tampak lebih estetik.

Itulah rekomendasi desain plafon kamar tidur minimalis sederhana yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk kamar minimalis. Dari seluruh rekomendasi yang ada, desain mana yang menjadi favorit Anda.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru