Informasi Penjual
SYARAT DAN KETENTUAN
LAYANAN DAN PROGRAM PAYLATER
Syarat dan ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur penggunaan Layanan dan Program PayLater yang memberikan komitmen/perjanjian antara Pelanggan sebagai “Pengguna”, dengan para Partner program (sebagai pemberi program pendanaan). Pelanggan dianggap setuju keseluruhan isi dari syarat dan ketentuan ini, jika telah memilih metode pembayaran menggunakan PayLater:
Berikut Daftar Partner Kami:
- PT Kredivo Finance Indonesia;
- PT Artha Dana Teknologi;
- PT Home Credit Indonesia; dan
- PT Finture Tech Indonesia.
Daftar Partner dapat berubah, Kami berhak untuk menambahkan dan/atau mengganti Partner Kami, sesuai dengan pertimbangan bisnis dan kebutuhan Kami. Mohon Pengguna untuk memantau daftar Partner Kami dalam Platform untuk dapat menggunakan Layanan dan Program Paylatter ini.
I. Definisi
- Layanan dan Program PayLater adalah Program Kredit dalam bentuk limit kredit yang diberikan oleh Kreditur/Para Kreditur dan dapat digunakan oleh Para Peminjam untuk melakukan transaksi melalui Platform Renos.
- Program Kredit adalah program fasilitas kredit dari Kreditur kepada Peminjam, berdasarkan mana Kreditur memberikan pembiayaan atau fasilitas kredit kepada Peminjam untuk membeli Produk di mana Peminjam dapat melakukan pembayaran secara angsuran dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan permohonan yang diajukan kepada Kreditur melalui Platform Renos.
- Kreditur atau Para Kreditur berarti setiap atau seluruh Partner program yang disebutkan di atas.
- Pemohon adalah suatu Pembeli yang mengajukan suatu permohonan fasilitas Program Kredit melalui Platform Renos.
- Peminjam adalah Pemohon yang telah memenuhi persyaratan dan telah lulus dari proses verifikasi dan penilaian kreditur dan dengan demikian permohonannya untuk menggunakan fasilitas Program Kredit melalui Platform Renos.
- Limit Kredit adalah jumlah maksimal fasilitas kredit sebagaimana ditentukan oleh Kreditur,
- untuk dapat digunakan oleh Peminjam untuk pembelian Produk di Platfrom Renos.
- Jangka Waktu adalah periode pembayaran angsuran pokok dan bunga yang ditawarkan oleh Kreditur dan disetujui oleh Pemohon.
- Tanggal Jatuh Tempo adalah batas waktu pembayaran angsuran pokok dan bunga kredit serta biaya lainnya yang menjadi kewajiban Peminjam setiap bulannya.
- Perjanjian Kredit adalah suatu perjanjian pembiayaan atau perjanjian kredit lainnya yang dibuat oleh dan antara Peminjam dengan Kreditur, berdasarkan mana Kreditur memberikan pembiayaan atau fasilitas kredit kepada Peminjam untuk membiayai pembelian Produk oleh Peminjam, dalam periode yang telah disepakati.
- Pembayaran Kredit adalah total pelunasan angsuran atas (i) pokok pinjaman, (ii) bunga atas pokok pinjaman dan (iii) setiap denda yang berlaku atas keterlambatan pembayaran atau lainnya, yang telah disetujui oleh Peminjam dan harus dibayar oleh Peminjam pada setiap Tanggal Jatuh Tempo yang telah disepakati.
- Data Pribadi adalah setiap informasi atau data yang diberikan oleh Pengguna yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung maupun tidak langsung setiap individu termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi seperti nama pengguna (username), email, kata sandi (password), nama, nomor telepon (termasuk nama dan nomor telepon orang yang dapat dihubungi), alamat, nomor kartu identitas atau nomor induk kependudukan, kantor, nomor rekening, foto, data biometrik, data tingkat pendidikan dan pekerjaan dan setiap data pribadi lainnya, yang disampaikan Pengguna pada saat menggunakan dan mengakses Layanan.
- OJK adalah Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (dan penerusnya dari waktu ke waktu).
- Otoritas Pemerintah adalah pemerintah suatu negara atau suatu subdivisi politik (baik pusat, negara bagian atau lokal) yang meliputi: setiap kementerian, lembaga, otoritas, badan pengatur, pengadilan,bank sentral atau setiap badan lain yang menjalankan kekuasaan eksekutif, legislatif, yudisial, perpajakan, moneter atau administrasi atau setiap badan yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan pemerintah, sebagaimana diatur berdasarkan Hukum di negara yang bersangkutan.
- SLIK adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan yang pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab OJK.
II. Ketentuan Umum Layanan PayLater
- Dengan menggunakan Layanan dan Program Kredit ini, Pengguna memahami dan sepakat bahwa hubungan hukum yang timbul dari Program Kredit adalah antara Kreditur dan Peminjam, dan segala risiko yang timbul daripadanya akan ditanggung sepenuhnya oleh Kreditur dan Peminjam.
- Pengguna setuju, secara tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali, untuk terikat dengan, dan akan dianggap menerima, termasuk namun tidak terbatas pada, Syarat dan Ketentuan Layanan dan Program PayLater, dan/atau setiap perjanjian atau dokumen lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, dengan Kreditur.
- Pengguna wajib untuk mematuhi setiap pemberitahuan atau instruksi yang diberitahukan melalui Platform Renos Indonesia atau melalui saluran media lain apapun sehubungan dengan penggunaan PayLater oleh Pengguna.
- Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi, seperti Akun dan kata sandinya atau setiap informasi pribadi lain milik Pengguna (seperti OTP). Pengguna dengan ini berjanji untuk tidak akan membagi kata sandi atau akses Akun apapun dengan pihak lain mana pun dan bahwa Pengguna akan menjadi satu-satunya pihak yang memiliki akses ke Akun.
- Pengguna berjanji untuk tidak akan menggunakan Platform Renos dengan cara yang bertentangan atau melanggar Hukum yang berlaku dan/atau hak-hak Para Pengguna lainnya (termasuk Merchant) termasuk untuk tujuan untuk mendapatkan Program Kredit maupun kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan kerugian.
- Dengan menggunakan PayLater, Pengguna setuju bahwa Kami dapat mengakses,memper oleh, menyimpan, mengelola, menggunakan dan/atau mengungkapkan Data Pribadi Pengguna (“Pemanfaatan Data”) sesuai dengan Kebijakan Privasi, sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu.
- Pengguna dengan ini memahami, menyetujui dan menyatakan bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apapun yang timbul dari penyalahgunaan Akun oleh Pengguna atau suatu pihak ketiga lainnya dan/atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan Akun, kata sandi (password) atau informasi pribadi lainnya milik Pengguna (seperti OTP) dan/atau setiap aktivitas transaksi yang terjadi dalam Akun. Pengguna dengan ini mengakui bahwa Kami berhak untuk memperlakukan setiap transaksi, instruksi, atau korespondensi yang berasal dari Akun sebagai transaksi, instruksi, atau korespondensi yang sah dilakukan atau diberikan oleh Pengguna.
III. Ketentuan Program Kredit
- Pengguna memahami dan sepakat bahwa setiap Pemohon wajib melewati proses identifikasi dan verifikasi data yang diadakan oleh Kreditur (dan/atau para pihak lain sebagaimana ditunjuk oleh Kreditur atau Renos Indonesia), bisa dalam bentuk metode penilaian pengajuan pinjaman, pemetaan profil risiko (risk profiling) atau metode lain apapun sebagaimana ditentukan oleh Kreditur atas diskresinya secara penuh, untuk menilai apakah permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit dapat diterima atau tidak.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa apabila Kami dan Partner atau Para Partner memiliki hak dan kewenangan mutlak untuk menentukan bagaimana cara Kami mengatur dan mengelola permohonan Program Kredit.
- Pengguna memahami dan setuju bahwa Para Kreditur, secara sepihak dan atas diskresi mereka secara penuh, memiliki hak untuk:
- menolak atau menerima permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit; dan
- menentukan Limit Kredit yang diberikan kepada Pemohon untuk digunakan, apabila permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit diterima.
- Pengguna wajib mempertimbangkan tingkat suku bunga pinjaman dan biaya lainnya yang berlaku atas pinjaman sesuai dengan kemampuan Pengguna dalam mengajukan dan melunasi pinjaman yang diberikan oleh Para Kreditur and difasilitasi melalui PayLater.
- Program Kredit hanya berlaku untuk Produk yang dijual di Platform Renos.
- Pengguna dengan ini mengakui bahwa setiap Kreditur berhak, secara sepihak dan atas diskresinya secara penuh, untuk menentukan kriteria penilaian untuk menentukan apakah permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit dapat diterima atau tidak, termasuk untuk sewaktu-waktu, mengubah kriteria penilaian tersebut.
- Pengguna menyetujui bahwa apabila permohonan Pengguna untuk menjadi Peminjam dan untuk menggunakan Program Kredit diterima oleh suatu Kreditur, Pengguna akan dapat melihat tingkat suku bunga pinjaman, angsuran, dan ketentuan utama lain dari Program Kredit yang ditawarkan oleh Kreditur yang memberikan persetujuannya melalui Platform Renos.
- Dengan melakukan pembayaran menggunakan Program Kredit, Pengguna setuju untuk terikat dengan ketentuan Perjanjian Kredit dengan Kreditur, termasuk setiap persyaratan untuk identifikasi dan verifikasi lebih lanjut atas data Pengguna untuk Program Kredit. Apabila Diminta oleh Kreditur, Pengguna selanjutnya sepakat untuk menandatangani suatu Perjanjian Kredit terpisah yang mengikat secara hukum dengan Kreditur.
- Pengguna menyetujui bahwa, Program Kredit
- hanya dapat dimanfaatkan apabila Pengguna telah disetujui sebagai Peminjam dan
- terbatas pada Limit Kredit yang diberikan kepada Pengguna dan hanya dapat digunakan melalui Platform Renos sesuai dengan Perjanjian Kredit dan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater ini.
- Pemilihan durasi Program Kredit merupakan tanggung jawab Pengguna sendiri.
- Apabila diminta oleh Kreditur, Pengguna sepakat untuk menanda tangani Perjanjian Kredit terpisah yang mengikat secara hukum dengan Kreditur.
- Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan Perjanjian Kredit, Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa:
- Peminjam wajib melakukan pembayaran angsuran pokok dan bunga Program Kredit pada atau sebelum Tanggal Jatuh Tempo kepada Kreditur, sesuai dengan Perjanjian Kredit.
- Dalam hal apabila Peminjam terlambat dalam melakukan pembayaran, Peminjam akan dikenakanbiaya keterlambatan sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian Kredit.
- Dalam hal terjadinya kelebihan pembayaran angsuran pokok dan bunga, kelebihan tersebut akan dialokasikan untuk pembayaran angsuran pokok dan bunga bulan berikutnya.
- Tanggal Jatuh Tempo akan diinformasikan kepada Peminjam pada saat permohonan penggunaan Program Kredit diterima oleh Kreditur, dan wajib ditaati sampai dengan pelunasannya.
- Dalam hal terjadi penagihan kepada Peminjam oleh Kreditur, biaya terkait penagihan tersebut merupakan tanggung jawab Peminjam secara pribadi.
- Apabila terdapat kewajiban pembayaran atas Program Kredit yang telah jatuh tempo atau menjadi jatuh tempo, Kreditur dan Kami berhak sewaktu-waktu untuk membatasi, membekukan transaksi, dan/atau akun Pengguna.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala pembayaran angsuran pokok dan bunga selain melalui Platform Renos dan/atau tanpa sepengetahuan Kami (melalui pesan pribadi, korespondensi via telepon dengan nomor pribadi, atau upaya lainnya) akan menjadi risiko Pengguna sendiri dan akan menjadi tanggung jawab mutlak Pengguna secara keseluruhan.
- Para Kreditur memiliki hak dan kewenangan untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
- Pengguna menyetujui untuk tidak mengungkapkan atau menyerahkan bukti pembayaran angsuran pokok dan bunga kepada pihak lain mana pun selain Kami dan/atau Para Kreditur. Apabila Pengguna menderita kerugian sebagai akibat melakukan pengungkapan tidak berwenang tersebut kepada pihak ketiga, maka Pengguna akan sepenuhnya dan secara mutlak bertanggung jawab atas kerugian tersebut.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap keterlambatan dalam proses pembayaran dan biaya tambahan yang ditimbulkannya sebagai akibat dari perbedaan antara bank, akan ditanggung sepenuhnya oleh Pengguna.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Para Kreditur berhak untuk dan akan melaporkan setiap informasi kredit yang masih berjalan yang melibatkan Pengguna sebagai suatu pihak setiap bulannya sesuai dengan Hukum yang berlaku dan instruksi dari OJK atau Otoritas Pemerintah yang relevan.
IV. Pernyataan Dan Jaminan
- Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Kami dan Para Kreditur (secara tanggung renteng dan sendiri-sendiri) bahwa:
- Pengguna adalah seorang individu yang cakap di mata hukum dan mampu mengikatkan dirinya dalam perjanjian yang sah, dapat menuntut dan dituntut atas namanya sendiri dan memiliki asetnya sendiri, menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
- Pengguna memiliki kekuasaan untuk menyepakati dan melaksanakan, dan telah mengambil segala tindakan dan persetujuan yang diperlukan agar pihaknya berwenang untuk menyepakati dan melaksanakan, ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater ini, termasuk namun tidak terbatas pada memperoleh persetujuan pasangan Pengguna, apabila diperlukan.
- Pengguna hanya boleh menggunakan PayLater untuk tujuan yang sah berdasarkan perjanjian-perjanjian yang melibatkannya sebagai suatu pihak dan sesuai dengan Hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
- Pengguna menjamin tidak akan melakukan manipulasi, pemalsuan informasi atau data, maupun berkedok sebagai pihak lain mana pun, baik orang perseorangan maupun entitas perusahaan, dan Pengguna tidak memiliki hak maupun wewenang untuk bertindak untuk dan atas nama pihak ketiga lain mana pun.
- Pengguna tidak akan dan/atau tidak berniat untuk menguntungkan diri sendiri dengan cara-cara yang tidak wajar, melalui rangkaian kebohongan untuk membujuk orang lain, melalui tipu muslihat atau dengan menggunakan identitas atau nama palsu, atau dengan melakukan tindakan persekongkolan dan/atau curang untuk menguntungkan diri sendiri yang dapat menyebabkan Renos dan/atau Para Kreditur mengalami kerugian dalam bentuk apapun juga.
- Pengguna tidak akan mengakses tanpa wewenang, meretas (hacking), menghalangi, mengganggu, menonaktifkan, membebani dengan berlebihan atau mengganggu performa atau penampilan yang layak dari PayLater, termasuk namun tidak terbatas pada melaksanakan serangan penolakan layanan (denial of services), spoofing, peretasan (hacking), rekayasa terbalik, gangguan,pemrograman ulang, manipulasi data, crawling/scraping, otomatisasi dalam transaksi, atau pemanfaatan suatu teknik framing untuk melampirkan suatu konten atau informasi kepemilikan lainnya.
- Kesepakatan Pengguna untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater ini, dan transaksi-transaksi yang diatur berdasarkan atau sehubungan dengannya, tidakaan bertentangan dengan Hukum apapun yang berlaku terhadap Pengguna, asetnya atau setiap perjanjian yang melibatkan Pengguna sebagai suatu pihak.
- Tidak ada proses perkara hukum atau prosedur proses perkara hukum atau prosedur atau langkah lainnya yang diambil (termasuk pengajuan permohonan, pengajuan petisi, pengajuan atau pemberian pemberitahuan atau pengambilan keputusan) sehubungan dengan penundaan kewajiban pembayaran utang, kepailitan, moratorium utang; penunjukan kurator, manajer wajib (compulsory manager), wali amanat, atau setiap pejabat serupa lainnya atau prosedur atau langkah serupa yang diambil di yurisdiksi mana pun; atau langkah lain dari tindakan eksekusi oleh para kreditur dalam bentuk pengambilalihan secara paksa, sita, penahanan atau eksekusi atau proses yang serupa di yurisdiksi mana pun yang mempengaruhi aset-aset Pengguna.
- Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh Pengguna kepada Kami dan/atau Para Kreditur, termasuk data yang digunakan untuk mendaftarkan diri pada PayLater dan Akun adalah benar, akurat, lengkap, terkini dan tidak menyesatkan. Pengguna tidak akan memberikan data, informasi, dokumen dan gambar apapun yang melanggar hukum, membahayakan, mengancam, mengandung kekerasan, melecehkan pihak lain, bersifat mencemarkan nama baik, vulgar, cabul atau yang dengan cara lain melanggar privasi atau hak pihak lain atau suatu Hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
- Pengguna adalah pemilik dari semua Data Pribadi yang disampaikan kepada Kami dan/atau Para Kreditur tidak ada dari data tersebut yang dapat melanggar hak cipta, rahasia dagang, merek dagang, paten dan/atau hak kekayaan intelektual lain apapun dari pihak lain mana pun. Apabila Data Pribadi yang Kami dan/atau Para Kreditur terima merupakan Data Pribadi milik suatu pihak ketiga, maka Pengguna harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari individu yang bersangkutan dan memastikan bahwa pihaknya mengetahui, memahami dan menerima Kebijakan Privasi Renos Indonesia dan Kebijakan Privasi Penggunaan PayLater sebelum Pengguna memberikan Data Pribadi pihak ketiga tersebut. Pengguna tidak boleh menghilangkan atribusi pencipta, pemberitahuan hukum atau penandaan kepemilikan atau label apapun dari data, informasi, dokumen dan gambar apapun yang diberikan oleh pihaknya sehubungan dengan Layanan dan Program PayLater.
V. Batasan Tanggung Jawab
Kami berupaya sebaik mungkin untuk menjaga Platform agar aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik,namun Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Kami tidak menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Platform bisa selalu sempurna atau sesuai standar tertentu. Pengguna setuju bahwa penggunaan Platform dilakukan atas risiko Pengguna sendiri, dan layanan yang diberikan kepada Pengguna “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
VI. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan dan memberikan ganti rugi kepada Kami terhadap segala tuntutan ganti rugi, dan akan membebaskan dan memberikan ganti rugi (termasuk induk perusahaan, afiliasi, direktur, komisaris, karyawannya, dan para pihak yang diberikan kuasa oleh Renos) dan Para Kreditur, atas setiap klaim, tuntutan, kerugian, ganti rugi, biaya penyelesaian, termasuk biaya hukum yang wajar, dari pihak ketiga yang timbul akibat Pengguna:
- melanggar dan/atau gagal mematuhi Syarat dan Ketentuan Layanan dan Privacy Policy dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna dengan Kreditur;
- menggunakan Platform secara tidak semestinya; dan/atau
- melanggar Hukum yang berlaku atau hak-hak pihak ketiga mana pun.
Apabila Pengguna melanggar ketentuan di atas, sesuai dengan Hukum yang berlaku:
- Kami berhak untuk melakukan pembekuan akun Pengguna di Platform Kami;
- Kami dan/atau Para Kreditur dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater dan Layanan yang diberikan kepada Pengguna, dan/atau
- Dalam hal Pengguna merupakan Peminjam, Kreditur berhak untuk membatalkan Limit Kredit yang berlaku bagi Peminjam.
VII. Transaksi dan Tanda Tangan Elektronik
- Pengguna dengan ini setuju bahwa setiap korespondensi sehubungan dengan Layanan dapat, atas diskresi penuh Renos, dilakukan secara elektronik, baik melalui Platform Renos atau di luar Platform Renos. Pengguna berjanji untuk menerima dan tidak membantah keabsahan atau keberlakuan setiap korespondensi yang dibuat dalam bentuk elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada pemberitahuan.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap korespondensi yang dilakukan di luar Platform Renos akan dilakukan melalui keterangan kontak yang tertera dalam Platform Renos, dan Pengguna mengakui bahwa Renos tidak bertanggung jawab, dan Pengguna berjanji untuk tidak meminta Renos untuk bertanggung jawab atas, setiap korespondensi yang dibuat selain ke keterangan kontak sebagaimana disebutkan di atas.
VIII. PEMBARUAN
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater dapat diubah atau diperbarui sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater secara seksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam Platform Renos, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program PayLater dari waktu ke waktu.
SYARAT DAN KETENTUAN PEMBAYARAN E WALLET
Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan Syarat, dianggap menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Pengguna disarankan membaca dengan seksama ketentuan ini karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum. Dengan menggunakan pembayaran E Wallet, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.
A. Definisi
- E-Wallet atau disebut juga dompet digital, adalah sebuah layanan berbasis aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk menyimpan uang serta menggunakannya sebagai metode pembayaran.
- Partner adalah PT AirPay International Indonesia (ShopeePay), PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) dan PT Visionet Internasional (OVO) yang merupakan salah satu penyedia layanan EWallet.
- Platform adalah website maupun mobile application yang dikelola oleh Renos Indonesia di mana terdapat berbagai fitur layanan yang menunjang aktivitas Pengguna salah satunya EWallet sebagai layanan sistem pembayaran.
- Aktivasi E Wallet adalah layanan untuk menghubungkan akun E Wallet Pengguna dengan akun Renos Pengguna.
- Saldo E Wallet adalah jumlah uang elektronik yang tercatat dan tersimpan di E Wallet. Uang yang menjadi dasar penerbitan uang elektronik akan ditampung di rekening escrow E Wallet dan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi di Platform Renos.
B. Ketentuan Umum
- Pengguna yang dapat menggunakan metode pembayaran E Wallet di Platform adalah Pengguna yang telah melakukan Aktivasi E Wallet melalui Platform menggunakan nomor handphone yang terdaftar di Aplikasi E Wallet.
- Pengguna memahami bahwa nomor handphone yang terdaftar di Platform harus sama dengan nomor handphone yang terdaftar di akun E Wallet.
- Pengguna menyetujui bahwa Kami dan/atau Partner berwenang untuk melakukan (i) pembatalan transaksi; (ii) pemutusan dan/atau (iii) penutupan akun Pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, dalam hal diduga dan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang yang melakukan manipulasi, kecurangan, dan/atau melanggar ketentuan hukum, Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Situs, dan/atau syarat dan ketentuan yang relevan lainnya yang dikeluarkan oleh Partner.
- Kami berwenang untuk melakukan perubahan pada seluruh atau sebagian daripada Syarat dan Ketentuan ini, termasuk untuk menambahkan Partner kami dalam metode pembayaran yang hendak kami sediakan dalam Platform. Kami menyarankan agar Pengguna membaca secara saksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun.
C. Penggunaan E WALLET
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa 1 (satu) akun E Wallet yang terdaftar hanya bisa digunakan untuk 1 (satu) akun Pengguna Renos.
- Pada saat Pengguna melakukan aktivasi akun E Wallet sebagai metode pembayaran di Platform Pengguna akan diminta untuk memasukan kode verifikasi (OTP) yang akan dikirimkan ke nomor terdaftar Pengguna, kode verifikasi (OTP) ini bersifat rahasia dan tidak boleh diberikan kepada pihak lain termasuk karyawan Kami dan/atau Partner.
- Pengguna menyetujui akan Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan dan pengelolaan akun EWallet, termasuk sebagai metode pembayaran untuk setiap transaksi pada Platform.
- Sebagai Upaya perlindungan, Pengguna wajib menggunakan pengamanan ganda dengan menggunakan Personal Identification Number (PIN), untuk setiap transaksi menggunakan E Wallet.
- Pengguna tidak dapat menggabungkan Transaksi dengan menggunakan E Wallet sebagai metode pembayaran dengan metode pembayaran lainnya di Platform.
- Pengguna bertanggung jawab penuh secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password, kode verifikasi (OTP) atas semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
- Pengguna memahami bahwa ketentuan penggunaan E Wallet di Platform juga tunduk terhadap syarat dan ketentuan aplikasi Partner dan/atau syarat dan ketentuan lainnya yang diterbitkan oleh Partner beserta afiliasinya. Pengguna diharapkan untuk membaca ketentuan yang terdapat pada syarat dan ketentuan terkait, yang dapat dilihat DANA dan OVO
D. Penggunaan Data
- Dengan melakukan Aktivasi E Wallet, melalui Platform, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Kami akan memproses nomor telepon Pengguna terbatas hanya dengan tujuan menyambungkan akun Pengguna pada Platform Kami.
- Pengguna memberikan hak kepada Kami untuk menyimpan informasi dan/atau data Pengguna sehubungan dengan penggunaan EWallet, sebagai metode pembayaran diPlatform.
- Penggunaan Data sehubungan dengan metode pembayaran di Platform akan tunduk kepada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh Partner.
Dengan hormat,
Berikut ini adalah pemberitahuan penting untuk semua Seller Renos, kami ingin menginformasikan bahwa mulai saat ini wajib melampirkan dokumen di bawah ini sebagai syarat administrasi untuk bertransaksi:
- NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
- KTP (Kartu Tanda Penduduk)
Catatan Penting:
Jika dokumen tersebut tidak dilampirkan, kami terpaksa harus menahan sementara payment settlement hingga dokumen lengkap diterima.
Langkah ini kami lakukan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi terutama kepatuhan perpajakan di indonesia serta menjaga keamanan dan kelancaran dalam proses transaksi di platform Renos.
Terima kasih atas perhatian dan kerja sama Anda.
Peninjauan Akun Pengguna & Pelanggaran Ketentuan Transaksi
Untuk menghadapi setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna Renos pada platform kami, maka kami memberikan sanksi kepada setiap pelanggar yang mana salah satunya untuk tindakan manipulasi transaksi. Manipulasi transaksi sendiri tidak seharusnya dilakukan karena akan merugikan pihak lain terutama yang dijadikan alat untuk dilakukannya proses manipulasi tersebut.
Sanksi yang telah diberikan tidak dapat kami cabut kembali. Agar terhindar dari penalti tersebut, Penjual dapat memahami ketentuan transaksi yang sudah dijelaskan pada halaman Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Sanksi Pengguna, serta mulai berjualan dengan upaya yang jujur seperti memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan/pembeli. Demi menjaga kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi, hindari membagi data dalam bentuk apapun serta identitas pribadi kepada pihak manapun.
Penjual berhak untuk melakukan upaya peninjauan kepada kami dengan mengikuti syarat dan aturan yang berlaku pada Renos.
- Kami memiliki hak untuk melakukan tindakan peninjauan kepada Pengguna yang diduga terlibat dalam kegiatan berikut:
- Memalsukan identitas dan informasi Pengguna saat daftar di Platform kami.
- Penyalahgunaan promosi, voucher, maupun Gratis Ongkir.
- Pembuatan pesanan palsu.
- Melakukan kerja sama dengan Pengguna lain atau pihak manapun untuk melakukan kecurangan pada Platform Kami.
- Penipuan dalam bentuk apapun.
- Melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan.
- Bagi Pengguna yang sedang Kami tinjau dapat mengajukan banding untuk memulihkan akses Pengguna dengan mengisi Formulir Pengajuan Banding dan melampirkan dokumen-dokumen di bawah ini:
- Foto identitas yang sah (KTP);
- Copy Nomor Induk Berusaha (NIB); dan
- Bukti pengiriman barang (14 hari terakhir).
- Bagi Akun yang dibatasi Kami berhak untuk melakukan penutupan Akun secara permanen, jika:
- Tidak melakukan aktivitas Penjual 90 hari kalender.
- Pengajuan banding tidak dilakukan dalam 7 Hari Kerja sejak Pengguna mendapatkan Notifikasi Peninjauan dari Kami, atau
- Pengajuan banding tersebut Kami nyatakan gagal.
Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Seller Support kami melalui Whatsapp Seller Support (+62822-1192-0512) atau Email di seller@renos.id
Hai Seller,
Sesuai dengan regulasi terbaru dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia No. 31 Tahun 2023 yang sudah dimulai dari bulan Oktober 2023, dimana setiap Seller harus memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha). Renos menyampaikan bahwa Seller harus mengunggah NIB apabila sudah memilikinya, apabila Seller belum memiliki NIB berikut adalah tata cara untuk mendapatkan NIB dari situs OSS dengan tata cara sebagai berikut :
Mendaftar OSS & NIB
Pertama, kunjungi laman OSS.
Kedua, pilih Masuk. Lalu, masukkan Username, Password, dan Kode Captcha. Pastikan kode captcha sudah benar lalu klik Masuk.
Selanjutnya, klik menu Perizinan Berusaha dan pilih Permohonan Baru.
Lalu, isi Data Pelaku Usaha dengan lengkap dan benar.
Berikutnya, isi Data Bidang Usaha dengan lengkap dan benar.
Selanjutnya, isi Data Detail Bidang Usaha.
Lalu, isi Data Produk atau Jasa Bidang Usaha.
Berikutnya, cek Daftar Produk atau Jasa.
Selain itu, cek Data Usaha.
Selanjutnya, cek Daftar Kegiatan Usaha.
Berikutnya, cek dan lengkapi dokumen persetujuan lingkungan (KBLI atau Bidang Tertentu). Lalu, baca dan pahami ketentuan yang berlaku. Jika sudah centang Pernyataan Mandiri.
Terakhir, cek Draf Perizinan Berusaha. Perizinan NIB Anda pun berhasil didapatkan. Mendaftar OSS & NIB
Masukan NIB ke Seller Center
Setelah Seller sudah mendapatkan NIB atau bagi yang sudah memiliki NIB dapat mengunggah dokumen NIB di Seller Center Renos dengan cara sebagai berikut:
1. Kunjungi laman Seller Center Renos 2. Masuk ke Pengaturan pilih Pengaturan Toko dan ke bagian Dokumen 3. Lalu, disebelah Nomor Induk Berusaha klik Lengkapi Data. 4. Berikutnya, upload NIB dan masukan nomor NIB. 5. Terakhir, klik Simpan dan pengunggahan NIB Seller akan selesai. 6. Jika sudah berhasil maka terdapat tulisan: Surat Izin telah Berhasil Disimpan dan akan diverifikasi. Pemberitahuan ini kami sampaikan agar Seller dapat secepatnya mengunggah NIB dan juga kelengkapan data lainnya, untuk batas pengisian NIB harap dilakukan sebelum tanggal 31 Desember 2023. Terima kasih banyak atas perhatian dan kerjasamanya.
Jika Seller perlu bantuan dapat menghubungi Whatsapp Seller Support Renos (082211920512) |
Hai Seller Renos!
Sesuai dengan regulasi terbaru Kementerian Perdagangan Republik Indonesia No. 31 Tahun 2023 yang sudah dimulai dari bulan Oktober 2023, dimana jika beberapa produk memiliki SNI bisa didaftarkan pada Seller Center Renos. Renos menyampaikan bahwa jika ingin mendaftarkan Produk Baru dan Produk yang sudah Live memiliki SNI maka anda dapat mengunggah SNI, berikut adalah tata cara untuk mengupload SNI untuk produk yang ingin didaftarkan pada Renos:
Mendaftarkan SNI untuk Produk
Untuk Produk Baru:
- Pertama, Anda dapat masuk ke https://seller.renos.id/
lalu pilih “Produk” dan bisa pilih “tambah produk”. - Berikut contoh jika anda ingin “tambah produk”, lalu anda bisa mengisi seluruh kolom untuk produk yang diperlukan. Seperti mengisi kolom kategori agar bisa menambahkan kolom SNI.
- Setelah menambahkan kolom kategori tersebut yang membutuhkan Nomor SNI, maka pada kolom spesifikasi Produk maka akan muncul kolom “Standarisasi Produk” lalu isi kolom dengan Nomor SNI.
- Berikut contoh Nomor SNI yang sudah anda tambahkan maka akan tampil pada produk spesifikasi anda pada website kami Renos.id.
Untuk Produk yang Sudah Live :
- Pertama, Anda dapat masuk ke https://seller.renos.id/
lalu pilih “Produk” dan bisa pilih “daftar produk”. - Selanjutnya anda dapat mengubah produk yang sudah live dan ingin ditambahkan Nomor SNI. Klik “daftar produk”,anda dapat mengubah produk yang sudah ada dan ingin ditambahkan Nomor SNI. Klik “Atur” lalu klik “Edit Produk”.
- Selanjutnya anda dapat menambahkan Nomor SNI pada kolom “Standarisasi Produk” lalu klik “simpan” untuk menyimpan Nomor SNI.
- Berikut contoh Nomor SNI yang sudah anda tambahkan maka akan tampil pada produk spesifikasi anda pada website kami Renos.id